Wong Fei Hung seorang muslim

Selama ini kita hanya mengenal Wong Fei Hung sebagai jagoan Kung fu dalam film Once Upon A Time in China . Dalam filem itu, karakter Wong Fei Hung dimainkan oleh aktor terkenal Hong Kong , Jet Li. Namun siapakah sebenarnya Wong Fei Hung?

Wong Fei Hung adalah seorang Ulama, Ahli Perubatan, dan Ahli Beladiri legendaris yang namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional China oleh pemerintah China. Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga imej kekuasaan Komunis di China.

Wong Fei-Hung dilahirkan pada tahun 1847 di Kwantung (Guandong) dari keluarga muslim yang taat. Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila di-bahasa-arab- kan, namanya ialah Faisal Hussein Wong.

Ayahnya, Wong Kay-Ying adalah seorang Ulama, dan tabib ahli ilmu penrubatan tradisional, serta ahli beladiri tradisional Tiongkok (wushu/kungfu). Ayahnya memiliki sebuah klinik perubatan bernama Po Chi Lam di Canton (ibukota Guandong). Wong Kay-Ying merupakan seorang ulama yang menguasai ilmu wushu tingkat tinggi. Ketinggian ilmu beladiri Wong Kay-Ying membuatnya dikenal sebagai salah satu dari Sepuluh Macan Kwantung. Posisi Macan Kwantung ini di kemudian hari diwariskannya kepada Wong Fei Hung.

Kombinasi antara pengetahuan ilmu perubatan tradisional dan teknik beladiri serta ditunjang oleh keluhuran budi pekerti sebagai Muslim membuat keluarga Wong sering turun tangan membantu orang-orang lemah dan tertindas pada masa itu. Karena itulah masyarakat Kwantung sangat menghormati dan mengidolakan Keluarga Wong.

Pesakit klinik keluarga Wong yang meminta bantuan perubatan umumnya berasal dari kalangan miskin yang tidak mampu membayar kos perubatan. Walau begitu, Keluarga Wong tetap membantu setiap pesakit yang datang dengan sungguh-sungguh. Keluarga Wong tidak pernah memilih bulu dalam membantu, tanpa memedulikan suku, ras, agama, semua dibantu tanpa pilih kasih. Secara rahsia, keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Ch'in yang rasuah dan penindas. Dinasti Ch'in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.

Wong Fei-Hung mula mengasah bakat beladirinya sejak berguru kepada Luk Ah-Choi yang juga pernah menjadi guru ayahnya. Luk Ah-Choi inilah yang kemudian mengajarnya dasar-dasar jurus Hung Gar yang membuat Fei Hung berjaya melahirkan Jurus Tendangan Tanpa Bayangan yang menjadi lagenda. Dasar-dasar jurus Hung Gar ditemukan, dikembangkan dan merupakan andalan dari Hung Hei-Kwun, abang seperguruan Luk Ah-Choi. Hung Hei-Kwun adalah seorang pendekar Shaolin yang terlepas dari peristiwa pembakaran dan pembantaian oleh pemerintahan Dinasti Ch'in pada 1734.

Hung Hei-Kwun ini adalah pemimpin pemberontakan bersejarah yang hampir mengalahkan dinasti penjajah Ch'in yang datang dari Manchuria (sekarang kita mengenalnya sebagai Korea ). Jika saja pemerintah Ch'in tidak meminta bantuan pasukan-pasukan bersenjata bangsa asing (Rusia, Inggris, Jepun), pemberontakan pimpinan Hung Hei-Kwun itu nescaya akan berjaya mengusir pendudukan Dinasti Ch'in.

Setelah berguru kepada Luk Ah-Choi, Wong Fei-Hung kemudian berguru pada ayahnya sendiri hingga pada awal usia 20-an tahun, ia telah menjadi ahli perubatan dan beladiri terkemuka. Bahkan ia berjaya mengembangkannya menjadi lebih maju. Kemampuan beladirinya semakin sulit ditandingi ketika ia berhasil membuat jurus baru yang sangat taktis namun efisien yang dinamakan Jurus Cakar Macan dan Jurus Sembilan Pukulan Khusus. Selain dengan tangan kosong, Wong Fei-Hung juga mahir menggunakan bermacam-macam senjata. Masyarakat Canton pernah menyaksikan langsung dengan mata kepala mereka sendiri bagaimana ia seorang diri dengan hanya memegang tongkat berjaya menewaskan lebih dari 30 orang jagoan pelabuhan berbadan kekar dan kejam di Canton yang mengeroyoknya karana ia membela rakyat miskin yang akan mereka peras.

Dalam kehidupan keluarga, Allah banyak mengujinya dengan berbagai cobaan. Seorang anaknya terbunuh dalam suatu insiden perkelahian dengan mafia Canton . Wong Fei-Hung tiga kali menikah karena isteri-isterinya meninggal dalam usia pendek. Setelah isteri ketiganya meninggal, Wong Fei-Hung memutuskan untuk hidup sendiri sampai kemudian ia bertemu dengan Mok Gwai Lan, seorang perempuan muda yang kebetulan juga ahli beladiri. Mok Gwai Lan ini kemudian menjadi pasangan hidupnya hingga akhir hayat. Mok Gwai Lan turut mengajar beladiri pada kelas khusus perempuan di perguruan suaminya.

Pada 1924 Wong Fei-Hung meninggal dalam usia 77 tahun. Masyarakat Cina, khususnya di Kwantung dan Canton mengenangnya sebagai pahlawan pembela kaum mustad'afin (tertindas) yang tidak pernah gentar membela kehormatan mereka. Siapapun dan berapapun jumlah orang yang menindas orang miskin, akan dilawannya dengan segenap kekuatan dan keberanian yang dimilikinya.Wong Fei-Hung meninggal dengan meninggalkan nama harum yang membuatnya dikenal sebagai manusia yang hidup mulia, salah satu pilihan hidup yang diberikan Allah kepada seorang muslim selain mati Syahid. Semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt dan semoga segala kebaikannya menjadi teladan bagi kita, generasi muslim yang hidup setelahnya. Amiin.

malaysiasensasiblogspot

17 comments:

::FAIZ FARISH:: said...

owh, tak tau pun... tq kongsi info

relevan said...

Wong Fei Hung saja muslim tapi Jet Li tidak..sebab tu dalam filem filem lama Wong Fei Hung berkung fu pakai ketayap..

piewahid said...

sama lah seperti laksamana cheng ho & puteri hang li po. jarang yg tau mereka muslim sbb bpandukan sejarah yg ditulis oleh orientaslis.

Pacifist said...

salam
terima kasih atas info.ramai yang tidak tahu ni

BUJANG SUSAH said...

Asalamualaikum. info yang bagus cuma sumbernya kurang jelas. Artikal asal isu ini telah diperdebatkan di SINI. Ramai dari mereka menganggap Thraed ini sebagai HOAX ,sehingga penulisnya terpaksa memadam thread ini. Namun hakikatnya hanya Allah saja yang tahu. Wassalam.

Cik SHiN~JU said...

salam...

baruku tahu wong fei hong tu muslim...kala tgk filem2 kungfu x menggambarkan dia tu muslim...
thanks 4 sharing...

Master Li said...

Artikel semacam ini sih banyak sekali bertebaran di internet. Klaim-klaim liar seperti itu akan selalu ada sepanjang zaman, sulit untuk dihilangkan. Kecenderungan untuk mengklaim orang terkenal sebagai anggota golongan mereka adalah suatu hal yang walaupun terasa menggelikan namun seringkali menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perilaku manusia.

Secara pribadi saya agak malas menanggapi artikel seperti itu. Apalagi jika argumen-argumen yang mereka ajukan sangat lemah dan dipaksakan. Bahkan kadang-kadang jika berhadapan dengan orang yang keras kepala dan ngeyelan maka yang terjadi adalah debat kusir yang berkepanjangan yang sangat menguras energi serta membuang-buang waktu saja. Jadi saya hanya akan menganggap artikel-artikel semacam itu sebagai materi untuk membuat cerita fiksi saja, tidak lebih dari itu.

Master Li said...

Walaupun harus saya akui, kadang-kadang saya tidak tahan juga untuk tidak mengomentari hal-hal seperti ini. Terdapat banyak sekali kelemahan dalam artikel di atas. Diantaranya adalah bahwa gelar "Macan Kwangtung" adalah julukan sehingga tidak mungkin diwariskan. Yang menjadi salah satu dari macan Kwangtung adalah ayah Huang Feihong dan julukan ini tidak pernah diwariskan kepada Huang Feihong.

Manchuria dengan Korea jelas berbeda. Yang disebut wilayah Manchuria adalah wilayah yang sekarang menjadi disebut wilayah Cina Timur Laut. Hal yang lain misalnya kalimat yang menyatakan bahwa Dinasti Qing merubuhkan Dinasti Yuan jelas kalimat yang tidak berdasar. Siapapun tahu bahwa Dinasti Yuan dirubuhkan oleh Dinasti Ming. Kemudian pernyataan bahwa anggota keluarga kerajaan Dinasti Yuan banyak yang memeluk Islam juga tidak jelas karena pada kenyataannya hampir tidak ada anggota keluarga Dinasti Yuan di Cina yang memeluk agama Islam. Yang banyak memeluk agama Islam adalah anggota keluarga Dinasti Yuan/Mongol yang berkuasa di Asia Tengah.

Master Li said...

Satu hal yang jelas terasa menggelikan adalah kenyataan bahwa orang Hui di Cina sejak dinasti Ming sudah terintegrasi ke dalam mainstream masyarakat Cina, sehingga mereka sudah menggunakan nama-nama Han sebagai identitas diri mereka. Saya berasumsi bahwa penulis artikel tersebut menganggap Huang Feihong adalah orang Hui, bukan suku minoritas yang lain karena suku minoritas lain biasanya selalu memakai identitas suku mereka sendiri dan bukan tampil seperti orang Han. Tentu saja biasanya orang Hui selain mempunyai nama-nama Han juga punya nama lain yang biasanya berasal dari bahasa Arab atau Persia. Namun nama-nama itu sama sekali tidak berhubungan dengan nama Han mereka. Saya ambil contoh misalnya orang Hui yang bernama Wang Dexin. Dalam komunitasnya sendiri mungkin sekali ia diberikan nama Arab. Nah nama Arab orang ini pasti tidak ada hubungannya sama sekali dengan nama Han nya yaitu "Dexin" tadi. Bisa jadi bahwa ia akan disebut Ismail, atau Yusuf, atau Ahmad, dimana jelas bahwa nama-nama tersebut bukan terjemahan arti atau kemiripan bunyi dengan "Dexin". Jadi klaim bahwa Feihong adalah "Faisal Hussein" kelihatannya mustahil.

Master Li said...

Mengenai pencatutan nama Hung Hei Kwun sendiri dalam artikel di atas kelihatannya juga agak janggal. Hung Hei Kwun [洪熙官], dalam Bahasa Mandarin disebut Hóng Xīguān adalah orang Han yang belajar bela diri di kuil Shaolin (selatan) yang terletak di bagian selatan provinsi Fujian (jadi bukan kuil Shaolin yang di Henan). Kuil Shaolin ini kemudian dihancurkan pemerintah Qing karena dicurigai menampung para pemberontak. Jadi Hung Hei Kwun atau Hong Xiguan ini sama sekali bukan pemimpin pemberontakan bersejarah yang nyaris mengalahkan dinasti Qing. Saya menduga bahwa penulis artikel ini mencampuradukan antara Hung Hei Kwun (Hong Xiguan) yang merupakan tokoh beladiri terkenal di Cina dengan Hóng Xiùquán [洪秀全], seorang pemimpin pemberontakan Taiping yang nyaris menaklukan Dinasti Qing. Yang terasa ironis adalah bahwa artikel yang mengklaim Huang Feihong sebagai muslim ini dikaitkan dengan Hong Xiuquan (pemberontak Taiping) yang ternyata adalah seorang kristen.

Master Li said...

Tentang sosok Huang Feihong sendiri yang menjadi fokus dari artikel ini, saya juga menduga bahwa penulis mengaburkan sosok Huang Feihong dengan ahli bela diri lain yaitu Wang Ziping (1881–1973). Wang Ziping adalah seorang muslim ahli bela diri Cina dan sekaligus adalah ahli pengobatan tradisonal Cina yang berasal dari Cangzhou, Provinsi Hebei (sekitar 180 km di utara Beijing). Beliau menjadi pemimpin aliran Kungfu Shaolin di Institut Bela Diri Cina tahun 1928 dan juga wakil ketua Asosiasi Wushu Cina pada waktu yang sama. Di masa mudanya ia aktif ikut serta dalam Pemberontakan Boxer [Yìhétuán][1898 -- 1901]. Pemberontakan Boxer ini sama sekali bukan pemberontakan anti pemerintah Qing. Justru mereka mendukung pemerintah Qing dalam menghadapi kekuatan kolonial barat yang makin menguasai Cina. Slogan mereka adalah [扶清灭洋] yang berarti "dukung Qing, hancurkan orang asing".

Master Li said...

Setelah pemberontakan ditumpas maka Wang Ziping melarikan diri ke Jinan di Provinsi Shandong. Di sana ia bertemu dengan Yang Hongxiu, juga seorang pelarian, seorang grandmaster Wushu. Kemudian Wang Ziping belajar banyak dari Yang Hongxiu. Kemudian perlahan-lahan Wang Ziping membangun reputasinya. Putri Wang Ziping yaitu Wang Jurong dan cucu-cucunya kemudian menjadi ahli bela diri yang terkenal di Cina.

Walaupun orang Hui Timur biasanya kurang begitu taat, berbeda dengan Hui Barat yang cenderung taat dalam beragama, namun kelihatannya Wang Ziping termasuk muslim yang taat, setidak-tidaknya untuk ukuran orang Hui Timur.

Dalam Bahasa Mandarin huruf Wang dan Huang jelas berbeda dalam bacaan. Namun dalam Bahasa Kanton kedua huruf itu sama-sama dibaca "Wong". Dalam literatur berbahasa Inggris banyak sekali nama-nama Cina yang ditulis berdasarkan bunyinya dalam Bahasa Kanton sehingga Huang Feihong dan Wang Ziping sama-sama disebut "Master Wong". Mungkin inilah yang menyebabkan ada orang yang keliru menganggap Wang Ziping adalah Huang Feihong.

truthfinder said...

Berita kayak gini hoax. sama seperti dulu, katanya Neil Armstrong ketika di bulan mendengar adzan di bulan sehingga menjadi mualaf. tetapi ketika ditanya kepada ybs, dia membantah. sampai sekarang pun Neil Armstrong belum pernah ganti agama, bahkan dia menjadi salah satu missionaris kristen.

Mirip juga dengan cerita Jacques Cousteau yang katanya mualaf, eh ternyata dikubur sebagai orang kristen oleh keluarganya.

Dakwah yang berdasarkan hal yang bukan fakta seperti ini sebenarnya hanya memberikan nama jelek. lebih baik ga usah dibesar-besarkan lah.

IBU PUSPITA said...


Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,jangan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohan dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,janan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohon dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI

IBU WINDA DI GARUT said...

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka 7683 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




atau klik langsung di KLIK DSINI BOCORAN TOGEL



angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



angka GHOIB; malaysia



angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



angka GHOIB; laos




IBU WINDA DI GARUT said...

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka 7683 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




atau klik langsung di KLIK DSINI BOCORAN TOGEL



angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



angka GHOIB; malaysia



angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



angka GHOIB; laos




sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/